Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Agustus, 2007

stereo-vision-geometry4.jpg

 

  • B : Baseline
  • f  : Focal length
  • Z : Depth
  • P : Object at world (X,Y,Z)
  • xL,xR : Image coordinate in mm
  • pL,pR : Image coordinate in pixels

 Now after that…. how we can find the depth???

The depth can be solved by using the disparity…..

 

  • First Equation’s :

          xL/f = X+(B/2)

          xL =   f * [X+(B/2)]

  • Second Equation’s :

          xR/f = X+(B/2)

          xR =   f * [X-(B/2)]

 

  • Substract first equation with the second and u will get the disparity :

           xL-xR = f * B / Z                –>(xL-xR) : Disparity

  •  And finally the depth :

            Z = f * B / disp.                   –>Z : Depth

Note : U can find the disparity either in mm or pixel unit. If u using pixel unit, u will  need a constanta [pixel/mm], so the equation above (depth) can be computed.

Read Full Post »

Mungkin kita tidak pernah berpikir kalo kita sebagai orang sipil bisa pergi ke luar angkasa apalagi orang Indo…. boro-boro mikir ke luar angkasa, urusan dalam negeri aja nga beres…korupsi lah…. pengangguran….etc. Tapi bolehkan klo kita berkhayal pergi tour ke luar angkasa….. ^_^.
Berikut kutipan artikel dari situs detik.com

BARCELONA – Tahun 2012 nanti, impian semua orang untuk jalan-jalan ke luar angkasa bukan lagi sebuah mimpi. Dengan dana USD4 juta, anda sudah bisa menikmati wisata di bulan selama 80 menit, baju astronot, dan menginap di hotel selama tiga hari.

Hotel yang dimaksud di sini bukanlah sembarang hotel seperti di bumi. Para arsitek di Barcelona menyebutnya sebagai ‘Galactic Suite’ atau Hotel Galaksi. Hotel ini tergolong penginapan paling mahal karena anda harus mengeluarkan kocek sebanyak USD 4 juta atau 40 milyar rupiah (jika tahun 2012 nanti, Dolar masih berkisar 10.000 rupiah).

Selama tiga hari, tamu yang menginap dapat melihat matahari terbit sebanyak 15 kali dalam sehari dan menggunakan baju Velcro selama berwisata, layaknya aktivitas seorang astronot. Sebelumnya, para tamu juga akan dilatih secara intensif untuk beradaptasi dengan luar angkasa selama delapan minggu di sebuah pulau tropik.

Berurusan dengan air mungkin akan menjadi permasalahan setiap tamu galaksi. Namun dalam hotel ini, semua permasalahan mandi, cuci, kakus, semua dapat teratasi.

Untuk menciptakan hotel ala galaksi ini, para ilmuwan dan arsitek telah menghabiskan dana sekira USD3 milyar. Untuk mengimplementasikan mimpi semua orang untuk pergi ke bulan, mereka telah membicarakan masalah pendanaan dengan beberapa investor dari Jepang, Amerika bahkan Arab.

Wah pengen rasanya jadi yang ”The First Tourist” ….. Hal pertama yang g lakukan adalah buang air kecil…. hahahaha…… bis itu foto d bareng2 dengan backgroundnya bumi….

Read Full Post »

Is God Fair or Not ??

is He??

Read Full Post »

Beberapa hari yang lalu saya bersama teman2 mengikuti seminar setengah hari yang berjudul “Trend Mikrokontroler dan Robotika” yang diadakan oleh Balai Latihan Kerja Luar Negeri Cevest di Bekasi pada tanggal 9 Agustus 2007. Seminar tersebut dibawakan oleh Pak Widodo. Beliau adalah dosen di BiNus dan dosen kehormatan di UK dan Prancis. Sudah lama saya mendengar tentang kehebatan beliau dan saya pun sudah membaca buku2 karangan beliau dan baru kemarin saya bertatap langsung dan bicara dengan beliau.

Seminar tersebut dibuka oleh perwakilan dari Depnaker dan ditutup oleh Ketua BLKLL Cevest. Seminar tersebut sangat berguna bagi saya karena materi yang disampaikan uptodate dan banyak menambah wawasan saya tentang teknologi mikrokontroler. Saya mengetahui tentang seminar ini dari milis [mikrokontroler_atmel] . Peserta seminar tersebut tidak terlalu banyak sekitar 20-an…. tapi semuanya adalah praktisi2 yang sangat ahli dalam bidang mikrokontroler.

Hal yang terpenting yang beliau sampaikan adalah pada jaman modern ini dibutuhkan adanya penggabungan antara bidang engineering dan IT karena ketika kita menguasai kedua bidang tersebut kita dapat mengatakan bahwa diri kita sudah siap terjun dalam era globalisasi dan siap untuk kerja dan menciptakan lapangan kerja yang baru.

Read Full Post »

Nice Guy Graduate Last !!!

Sebentar lagi wisuda angkatan ke 50 akan dilaksanakan, tepatnya pada tanggal 6 Oktober 2007…. ingin rasanya ikut dalam acara itu tapi…. huuh… apa mau dikata… tugas akhir ku belum selesai…BT banget… padahal sudah aku siapkan segalanya untuk ikut dalam acara tersebut…

Terpikir olehku kenapa aku mengambil topik tugas akhir serumit ini… padahal teman2ku ambil topik yang biasa2 aja tuh cuman pake mikrokontroler trus diprogram pake if..else… doank!!! gitu aja sudah lulus…kaga pake jaringan syaraf tiruan, logika fuzzy, AI atau semacamnya deh…

Tapi dari semua hal tersebut, saya yakin pasti ada sesuatu hal yang saya dapat dibandigkan dengan teman2ku… untuk mempelajarinya saja membutuhkan waktu sekitar 6-12 bulan dan membutuhkan semangat yang tinggi!!! gimana tidak? Tiap hari saya membaca paper2 dan jurnal dari luar negeri…huhu… dari bahasa inggris yang kalimat susah dimengerti sampe ikut forum luar…mending postnya saya dibales…boro2 dibaca pun tidak!!! belum lagi pas coba program…gagal mlulu…. ingin rasanya nangis tapi nga bisa… tidur nga tenang….minum kopi terus….hancur d ni badan…..wakkakaka….inilah akibatnya kalo ingin lulus dengan mendapatkan ilmu yang terbaik…. wakakkaaka…… untungnya dukungan dan semangat datang terus dari teman2 maupun dosen….thx God!!!

Walaupun saya tidak bisa ikut dalam acara wisuda tersebut saya tetap senang….hahaha……saya yakin dibalik semua ini pasti ada maksudnya….. “Nice Guy Graduate Last!!!”

Read Full Post »